ALHIJAZ TRAVELKU

Menunaikan ibadah umrah adalah impian setiap muslim di seluruh dunia. Agar perjalanan ibadah umrahnya lancar, nyaman, dan lebih khusuk, maka berbagai perlengkapan yang dibutuhkan harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Bagi Anda yang pertama kali berangkat umrah, maka beberapa syarat kelengkapan dokumen ibadah umrah harus benar-benar dipersiapkan terebih dahulu.
Perihal persyaratan yang harus dilampirkan di dalam dokumen tersebut, tergantung pada pihak travel umrah yang Anda pilih. Beda travel umrah, pastinya beda pula persyaratannya. Akan tetapi, perbedaan tersebut tidak jauh berbeda.

Apakah Perlu Menggunakan Jasa Travel Umrah?

Mungkin Anda tidak berpikir, berangkat umrah itu bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan pihak travel umrah. Mengapa? Karena keberangkatan ke Tanah Suci Mekah harus memiliki visa umrah, sedangkan visa umrah hanya bisa dibuat oleh pihak travel umrah yang resmi terdaftar di Kemenag RI dan disetujui oleh Kementerian Haji Arab Saudi.

Dengan hal tersebut, hampir tidak mungkin untuk berangkat umrah tidak bersama travel umrah yang belum memiliki reputasi tentang pengalaman di bidang travel haji dan umrah. Untuk kenyamanan perjalanan umrah Anda, sebaiknya memilih travel umrah terbaik dan terpercaya yang telah resmi terdaftar di Kemenag RI. Untuk memilihnya, Anda bisa cek daftar travel umrah di situs Kemenag RI.

Dokumen Ibadah Umrah yang Harus Anda Buat 
 
Setelah memilih travel umrah yang direkomendasikan oleh Kemenag RI, maka ada beberapa syarat kelengkapan dokumen ibadah umrah yang harus Anda buat. Berikut di antaranya:
 
1. Paspor
 
Paspor adalah tanda pengenal atau identitas diri yang wajib dibawa saat pergi ke luar negeri. Dokumen ini juga sangat diperlukan untuk pengajuan pembuatan visa umrah. Biasanya kelengkapan dokumen paspor ini akan diperiksa di bandara keberangkatan (Jakarta) maupun bandara tujuan (Jeddah).
Pembuatan paspor biasanya dibuat sendiri tanpa didampingi pihak travel umrah, beda halnya saat pembuatan visa umrah. Untuk berbagai persyaratan yang harus dipersiapkan, Anda bisa simak pada artikel kami lainnya.
 
2. Visa
 
Visa bisa dibuat setelah ada paspor. Visa ini merupakan dokumen izin resmi untuk bisa masuk ke negara lain. Di dalamnya memuat tentang aturan yang harus dipatuhi, seperti batas waktu kunjungan dan jenis keperluan yang dimaksud.
Begitu juga visa untuk keperluan ibadah umrah, yaitu berupa dokumen yang wajib dibuat sebelum keberangkatan. Anda tidak perlu repot-repot membuatnya sendiri, serahkan saja pihak travel umrah yang bersangkutan. Untuk keperluan persyaratan yang harus dipenuhi, Anda bisa tanyakan langsung pada pihak travel.
 
3. Bukti kuning
 
Bukti kuning ini bisa Anda peroleh setelah melakukan imunisasi/vaksinasi meningitis di kantor Dinas Kesehatan Kota setempat. Vaksinasi ini dilakukan untuk menghindari penyakit radang selaput otak, makanya penting untuk dilakukan.
Selain itu, kartu kuning atau ICV (International Certificate of Vaccination) ini merupakan salah satu syarat wajib untuk pengajuan visa umrah. Untuk waktunya sendiri, Anda akan diberitahu oleh pihak travel umrah. Biasanya 10 hari sebelum jadwal keberangkatan umrah.
 
4. Surat mahram
 
Dokumen penting ini harus dimiliki oleh calon jamaah umrah wanita yang usianya di bawah 45 tahun yang tidak diampingi suami atau keluarga terdekat dalam perjalanan ibdah umrahnya.
Mengapa harus memiliki surat mahram? Karena Pemerintah Arab Saudi mengharuskan jamaah wanita untuk didampingi oleh suami atau keluarga terdekat (mahramnya) sesuai dengan ketentuan dalam Islam.
Oleh karena itu, calon jamaah umrah wanita yang berangkat tanpa didampingi suami maupun keluarga terdekatnya, diwajibkan untuk membuat surat keterangan mahram. Adapun cara pembuatannya, bisa Anda konsultasikan pada pihak travel.

Itulah 4 syarat kelengkapan dokumen umrah yang harus Anda buat. Jangan lupa dokumen-dokumen penting tersebut dimasukkan pada tas khusus berukuran kecil dan dibawa kemanapun Anda pergi saat menjalankan ibadah umrah. Sebab semua dokumen ini menjadi identitas dan petunjuk jika terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.

Selain dokumen-dokumen di atas, sebetulnya masih ada lagi beberapa dokumen lainnya yang harus dipersiapkan sebaik mungkin. Akan tetapi, karena bukan termasuk pada syarat kelengkapan dokumen ibadah umrah yang harus dibuat dan dibawa kemanapun Anda pergi, kami tidak menyertakan pembahasannya di sini. Semoga pembahasan pada artikel ini membantu Anda.