Ibadah umrah memiliki Hukum Sunnah, yang berarti bahwa tidak apa-apa jika kita tidak melakukannya, tetapi akan sangat baik jika kita melakukannya, karena itu dapat bermanfaat kebaikan dan, tentu saja melipat gandakan pahala karena ridho Allah.

Nah, kata umrah yang sama, dalam arti bahasa, berarti mengunjungi atau mengunjungi tempat yang ramai. Juga memiliki arti mengunjungi tanah suci, kota Mekah dan Madinah.

Apa yang masih membedakan antara Umrah dan Haji adalah bahwa Umrah adalah kapan saja dan tidak untuk waktu yang terbatas. Selama haji hanya bisa dilakukan selama bulan haji, yaitu 8-13 dzulhijjah.

Ibadah haji sendiri secara praktis sama dengan haji, tetapi masih ada beberapa praktik yang tidak dilakukan pada waktu umrah tetapi harus dilakukan selama haji.

Salah satunya adalah Wuquf di Arafat, di mana Wuquf adalah puncak ibadah Haji dan sebenarnya hanya ada dalam serangkaian ziarah.

Dalam hal tarif, ibadah Umroh juga lebih murah daripada haji, yang sedikit lebih mahal karena para jemaah haji berada di Tanah Suci untuk waktu yang lama.


Mencari keistimewaan keberangkatan umrah tak lepas pada bulan-bulan yang sangat di anjurkan banyak keberkahan. Mencari kebaikan bulan itu sendiri termasuk pada Bulan Ramadhan.


1. Al-Quran diturunkan Pada bulan Ramadhan
Pada tanggal 17 Ramadhan, Allah menurunkan Al-Quran sebagai pemimpin dan panduan bagi umat Islam di dunia, yang juga disebut sebagai peringatan Nuzulul Qur'an. Pada hari ini, umat Islam perbanyak untuk berdoa untuk lebih banyak berkah di bulan Ramadhan.



2. Melaksanakan puasa selama bulan Ramadhan

Allah mewajibkan berpuasa bagi umat Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang disebutkan dalam firman-Nya.

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu yang hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu. Dan barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain” (QS. Al-Baqarah [2]: 185)
 
3. Dibukanya Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka
 


Rasulullah bersabda “Jika datang  Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu syurga, ditutuplah pintu-pintu neraka, dan syetan dibelenggu” HR.Muslim

4. Pahala yang berlipat ganda

Bulan Ramadhan banyak orang berjuang untuk berbuat baik, karena di bulan yang baik ini digantikan oleh puluhan kali, bahkan hingga 700 kali.



5. Malam  LAILATUL QADAR

Malam itu, Tuhan mengirimkan kebaikan dan berkah, dan bagi umat Islam yang menerima malam Lailatul Qodar doanya akan di ijabah Allah.
Allah SWT berfirman dalam surat Al-Qadr ayat 1 – 3
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr 1-3)
6.  Melaksanakan Umroh di Bulan Ramadhan Pahalanya sama dengan Haji
Rasulullah SAW bersabda kepada seorang wanita Anshar. “ Jika datang Ramadhan maka lakukanlah umrah, karena sesungguhnya umrah dalam bulan itu setaraf dengan haji.” ( HR. An Nasa’i)


Melaksanakan Umrah adalah sebuah peristiwa sejarah ruhani bagi siapa saja dengan kesadaran penuh juga menghayati dari ritual ibadah umrah setiap rangkaian peribadatan, Dari peristiwa ke satu tempat ke tempat lain semua sudah di bentuk dengan doa-doa secara pribadi biarkan ke esaan Ilahi yang bekerja. Pengalaman setiap Muslim dalam pelaksanaan haji atau umrah benar-benar berbeda. Pengalaman memiliki kesan dan akan diingat sepanjang hidupnya.

Dari berbagai cerita para jamaah yang sudah melaksanakan umrah ada yang di buka secara jelas tentang pengertian kehidupan dan kerejekian. Arahkan semua perbuatan dan tindakan karena ridho Ilahi

Kita sudah mengenal Ippho Santosa dan saya kutip "Umrah mengubah saya secara finansial, spiritual, dan lainnya," katanya.
mungkin masih banyak cerita rahasia umrah terutama bagi jamaah yang sudah pernah merasakan keberangkatan haji dan umrah.